16 Juni 2012

Sistem Ekonomi Islam Sebagai Sistem Ekonomi Masa Depan


Pada awal tahun 2012 perekonian islam di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan di tengah krisis dan perlambatan perekonomian dunia yang terjadi di Eropa dan Amerika. Dengan kemajuan yang ditunjukkan dalam sistem ekonomi islam di Indonesia, baik dalam lembaga perbankan syariah atau dalam lembaga keuangan lainnya dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap ekonomi islam khususnya perbankan syariah.
Sebenarnya, krisis yang terjadi di kawasan Eropa dan Amerika menunjukkan bahwa trjadi kegagalan dalam sistem ekonomi  kapitalisme. Bahkan di Eropa dan Amerika terjadi kampanye anti kapitalis sebagai wujud kecewa dan frustasi masyarakat pada praktek kapitaisme yang semakin memperjelas tingkat kesenjanagn sosial antara si kaya dan si miskin. Fakta ini menunjukkan bahwa sistem kapitalisme bukan sistem ekonomi yang dapat menyelesaikan permasalhan ekonomi yang dialami negara-negara yang menganut sistem tersebut. Bahkan bisa dibilang sistem kapitalis merupakan aktor dari permasalahan ekonomi yang timbul seperti kemiskinan dan terlalu banyaknya hutang yang dapat menjadikan suatu negara bangkrut.
Pengaruh krisis ekonomi global ini tidak terlalu berdampak kritis pada perekonomian Indonesia karena perekonomian Indonesia lebih dipengaruhi oleh usaha kecil menengah (UKM) yang dapat mengkover ekonomi Indonesia sampai 60%. Namun, krisis ini masih menimbulkan kecemasan pada perbankan konvensional yang masih menggunakan sistem bunga dan turunan kapitalisme yang memperbanyak uang dengan sistem moneter yang sangat rentan krisis dan bisa merugikan sektor perekonoian riil. Berbeda dengan perbankan syariah yang sudah meninggalkan sistem tersebut sehingga bisa bertahan dari krisis global yang terjadi.
Dalam sepuluh tahun terakhir, pertumbuhan bank konvensional tertinggal jauh dengan bank syariah. Jika bank syariah menujukkan pertumbuhan 40% pertahun, bank konvensional hanya menunjukkan pertumbuhan sekitar 20% pertahun. Perkembangan bank syariah dengan peningkatan jumlah aset yang melebihi perbankan konvensional tidak menutup kemungkinan terjadi pergeseran posisi utama perbankan nasional berpindah ke perbankan syariah.
Di tengah pertumbuhan tersebut, diharapkan agar manfaat ekonomi islam dapat dirasakan oleh masyarakat kecil dan pelaku usaha mikro kecil karena sampai saat ini hanya kalangan tertentu yang dapat merasakn manfaat dari ekonomi islam. Sehingga masih perlu perhatian pemerintah agar semua kalangan masyarakat dapat terjangkau dan dapat merasakan manaat perbankan syariah.
Walaupun dengan kelemahan yang dimiliki sistem ekonomi syariah sebagai suatu sistem ekonomi yang baru dan banyak masyarakat belum bisa menerimanya secara luas, ekonomi Islam sudah dapat dikatakan sebagai suatu solusi dari masalah prkonomian yang sedang terjadi. Ekonomi islam tidak sekedar alternatif namun bisa menjadi pilihan pertama sebagai sistem perekonomian negara di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar